Tutorial - Sejarah, Definisi, Perkembangan, dan Contoh Umum

Tutorial - Sejarah, Definisi, Perkembangan, dan Contoh Umum
pengetahuan-sejarah-dan-definisi-tutorial
Definisi Tutorial adalah, Sejarah, Perkembangan, dan Contoh -  Di banyak negara tutorial digunakan sebagai cara untuk menyampaikan sesuatu, dan bertujuan untuk membantu, mengajarkan, memberitahu, dan mengintruksikan seseorang untuk menyelesaikan suatu perihal.

Tutorial adalah metode untuk mentransfer pengetahuan yang biasa diterapkan sebagai bagian dari proses pembelajaran.


Sistem belajar menggunakan tutorial lebih interaktif dan spesifik secara pengalaman dari pada buku atau ceramah, tutorial berusaha untuk mengajar dengan memberi contoh dan memberikan informasi menyelesaikan tugas tertentu.


Tutorial juga dapat dispesifikasikan kedalam berbagai bentuk, mulai dapat berupa intruksi untuk menyelesaikan tugas hingga sesi dalam memecahkan masalah secara interaktif (biasanya dibidang akademis).


Kelas tutorial

Dalam akademis inggris dikatakan, tutorial adalah kelas kecil yang terdiri dari satu, atau beberapa pelajar atau siswa, dimana tutor, dosen, atau anggota staf akademik lainnya memberikan perhatian individu kepada siswa(point-by-point interactive).


Universitas Oxford dan Cambridge menggunakan sistem tutorial sebagai metode dasar pengajaran, tetapi bukan berarti sangat dikhususkan bagi mereka. Heythrop College ( Universitas London ), juga menawarkan sistem tutorial dengan pengajaran tatap muka. Jarang sekali Universitas baru di Inggris yang memiliki sumber daya untuk menawarkan biaya kuliah perorangan, kelas yang terdiri dari 6 sampai 8 (atau bahkan lebih) siswa adalah ukuran tutorial yang jauh lebih dari umum. Di Cambridge, tutorial dikenal sebagai supervisi.


Di Universitas Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan, kelas tutorial (dalam bahasa sehari-hari tute atau tut) adalah kelas yang terdiri dari 10 hingga 30 siswa. Tutorial semacam itu sangat mirip dengan sistem Kanada, meskipun, tutorial biasanya dipimpin oleh siswa kehormatan atau pascasarjana, yang dikenal sebagai "tutor".


Baca selengkapnya...