7 Cara Ini Dapat Mengatasi Kinerja Komputer Windows 10 Yang Lemot !

7 Cara Ini Dapat Mengatasi Kinerja Komputer Windows 10 Yang Lemot !

Cara Mengatasi Komputer Windows 10 Lemot - Windows 10 merupakan sistem operasi microsoft yang paling banyak penggunanya, komputer dengan windows 10 biasanya di install di komputer dan laptop.

cara-mengatasi-komputer-lemot-pada-windows-10

Windows 10 juga merupakan sistem operasi komputer tercepat saat ini di bandingkan dengan generasi sebelumnya, win 10 juga memiliki banyak fitur handal yang membuatnya kompatible dengan segala jenis program aplikasi terbaru keluaran microsoft.


Tetapi walau mengetahui windows 10 adalah sistem operasi terbaik bukan berarti selalu tidak mengalami kendala, contoh saja seperti komputer windows 10 yang lemot.

Kenapa Komputer Lemot ?

Komputer lemot dapat terjadi pada sistem operasi apapun baik itu windows 7, windows 8, windows 9, hingga windows 10 sekalipun dapat mengalami masalah yang namanya komputer lemot. Hal ini biasa di sebabkan karena komputer memiliki kapasitas yang kecil hingga menyebabkan peformanya menjadi lamban tidak seperti saat pertama kali membelinya.


Untuk mengatasi komputer lemot perlu melakukan beberapa cara agar dapat meningkatkan kembali kinerja komputer. Berikut ini cara mengatasi kinerja laptop atau pc windows 10. Berikut tutorialnya:


1. Hapus File Cache

File cache atau temporary file adalah sekumpulan file yang berasal dari data penggunaan sebuah program atau aplikasi, file ini akan muncul setiap kali aplikasi memerlukan koneksi internet untuk mengunduh data dari aplikasi.


Untuk cara menghapus cache pada komputer baik di windows 10, cukup klik kanan pada aplikasi kemudian klik "properties" selanjutnya ketuk open file location.


Setelah menemukan lokasi file aplikasi cari file bernama "cache", kemudian untuk menghapus cukup delete seperti biasa.


2. Restart Komputer/Laptop

Terkadang laptop/komputer lemot dapat disebabkan karena penggunaan terus menerus, hal ini dapat mengakibatkan mesin komputer panas sehingga kinerja komputer menjadi down.


Komputer yang di nyalakan terus menerus walaupun di ruang dingin tetap saja komputer akan terpengaruhi jika dalam keadaan panas.


Cara mengatasi komputer lemot jika karena penggunaan dalam waktu yang lama cukup restart saja.


3. Matikan Animasi Windows 10

Animasi efek khusus pada windwos 10 dapat menjadi penyebab komputer lemot.

 Terdapat banyak sekali efek khusus yang di tampilkan dan juga efek grafik pada windows 10 sehingga membuat komputer perlu memuat tampilan tersebut berulang kali.


Untuk itu, Anda dapat menonaktifkan animasi efek pada windows 10, caranya pergi ke Control Panel > System & Security > Advance System Settings. Selanjutnya masuk ke tab Perfomance dan pilih opsi mana yang ingin di nonaktifkan.


4. Hapus Aplikasi Berat

Aplikasi yang memerlukan daya ram besar otomatis akan membuat komputer menjadi lemot bahkan windows 10 sekalipun. Jika daya RAM yang dimiliki komputer tidak sepadan dengan program yang dijalankan sebaikanya jangan digunakan atau malah dapat merusak komputer Anda.


Cara hapus atau unistall aplikasi di windows 10 cukup pergi ke Setting Windows/Pengaturan > Pilih Apps > Cari Aplikasi > Ketuk pada Aplikasi kemudian klik "Unistall".


5. Update Windows 10

Seperti yang diketahui bahwa microsoft terus merilis update terbaru windows 10 yang tujuannya untuk memperbaiki bug yang memperlambat kinerja sistem komputer.


Walau kadang update windows sangat mengganggu, tapi sistem yang update sangat di perlukan untuk meningkatkan peforma dan kinerja komputer.


6. Upgrade RAM Komputer

Apabila sudah melakukan beberapa cara mengatasi komputer lemot tapi tidak kunjung membuahkan hasil, itu kemungkinan karena memang kapasitas ram komputer Anda tidak mencukupi.


RAM sendiri berfungsi sebagai prosesor yang menjalankan sistem operasi dan program aplikasi pada windows, artinya setiap ada aplikasi yang berjalan memerlukan daya muatan ram.


Untuk itu Anda perlu melakukan upgrade RAM atau menambah jumlah slot ram pada komputer atau laptop. Komputer yang lemot bisa di karenakan RAM yang kecil Anda bisa menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar seperti 6GB, 8GB, atau 16GB.


7. Periksa Antivirus

Anti virus memang berguna untuk melindungi komputer dari serangan virus berbahaya, namun beberapa antivirus memiliki fungsi otomatis untuk melakukan perintah hapus file secara paksa.


Hal ini yang menyebabkan komputer lemot karena antivirus menghapus beberapa file penting yang di anggap berbahaya sehingga di hapus oleh antivirus.


Sebaiknya Anda periksa jenis antivirus apa yang digunakan kemudian ganti dengan antivirus lain, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.


Seperti itulah cara mengatasi komputer windows 10 yang lemot, cukup Anda lakukan salah satunya dan lihat hasil kerja komputer selanjutnya. Apabila belum berhasil satu-satunya cara agar kinerja komputer selalu dalam peforma baik upgrade RAM Anda dengan ruang yang lebih besar supaya dapat menjalankan aplikasi berat sekalipun.