Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
Cara Daftar Kuliah Di Universitas Indonesia (UI), Persyaratan, Tata Cara, dan Proses Seleksi

Cara Daftar Kuliah Di Universitas Indonesia (UI), Persyaratan, Tata Cara, dan Proses Seleksi

Cara daftar kuliah di Universitas Indonesia (UI), Berikut ini cara daftar, syarat-syarat, tata cara daftar, hingga proses ujian seleksi terpadu UI.

Cara Daftar Kuliah Di Universitas Indonesia (UI) - Siapa sih yang gak mau masuk kampus idola di Indonesia ? tentu saja setiap orang ingin pergi dan duduk disana sebagai mahasiswanya.

cara-daftar-kuliah-di-universitas-indonesia-ui-syarat-dan-seleksi

Universitas Indonesia atau biasa di sebut UI adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia menjadi incaran para calon mahasiswa, pasalnya UI memiliki kualifikasi pendidikan yang sangat berkualitas dan juga merupakan kampus terbaik hingga saat ini.

Adapun UI juga selalu mencetak lulusan sarjana yang berprestasi dan mendapatkan prospek kerja yang menjanjikan. Untuk itu pasti Anda pun ingin juga masuk di UI, sebelum melanjutkan ada baiknya melihat bagaimana cara masuk kampus dan berkualiah di UI. Berikut ini cara masuk Universitas Indonesia secara online, persyaratan, tata cara daftar, dan proses seleksi.

Cara Daftar Kuliah Di Universitas Indonesia (UI)

1. Buat Akun Di Situs Penerimaan UI

Buka link berikut ini https://penerimaan.ui.ac.id/register lalu buat akun untuk mengakses halaman Penerimaan Mahasiswa UI. Langkah pertama untuk daftar sebagai calon mahasiswa di UI adalah dengan melakukan pendaftaran secara online di situs resmi penerimaan Universitas Indonesia.

Buat akun dengan mengisi form yaitu identitas lengkap, ijazah, nomor hp, email, dan membuat password untuk login.

2. Unggah Foto Berwarna Ukuran 4x6

Kemudian unggah pas foto berwarna ukuran 4x6 yang dapat Anda lakukan menggunakan akun area penerimaan calon mahasiswa UI.

Foto ini akan digunakan pihak UI sebagai bahan administrasi pendaftaran UI, kemudian setelah mengunggah pas foto berwarna baru Anda dapat melanjutkan pendaftaran.

3. Membuat Pendaftaran Diri

Setelah itu Anda dapat membuat pendaftaran dengan cara login ke Akun Penerimaan > Pilih Menu "Buat Pendaftaran".

Selanjutnya isi form pendaftaran mulai dari data diri lengkap beserta minat ke program jurusan kuliah Anda di UI.

4. Konfirmasi Pendaftaran

Konfirmasi kembali form pendaftaran Anda, proses ini adalah tahap verifikasi untuk memastikan Anda telah mengecek kembali bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi Anda telah terisi dengan data yang benar.

Selain itu Anda juga dapat memeriksa informasi biaya pendidikan sesuai program studi yang Anda ambil pada tahap ini.

5. Upload Berkas Persyaratan Pendaftaran

Kemudian upload atau unggah berkas persyaratan masuk UI yang dapat Anda lihat pada  halaman berikut ini https://simak.ui.ac.id/persyaratan-pendaftaran-program-studi.html.

Setiap program studi jurusan di kampus UI memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, untuk itu Anda dapat melihat informasi lebih lanjut pada halaman simak UI.

6. Membayara Biaya Pendaftaran

Setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran dengan benar, maka tahap selanjutnya adalah membayar biaya pendaftaran.

Perhatikan bahwa formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah Anda membayar biaya pendaftaran.

7. Unduh Kartu Ujian Masuk

Silahkan unduh atau download kartu ujian masuk yang tersedia setelah Anda melakukan pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran.

Kartu Ujian Masuk yang Anda download perlu di cetak atau dapat di laminating, kartu ini harus di bawa pada saat seleksi ujian masuk UI.

8. Mengikuti Ujian Seleksi Masuk (Simak UI)

Langkah pembuka adalah dengan mengikuti ujian seleksi masuk UI atau SIMAK. Ujian ini merupakan ujian seleksi terpadu bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke UI.

Ujian ini biasa di adakan secara serentak di seluruh Indonesia untuk seluruh program pendidikan studi, mulai dari Program Vokasi (D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Magister hingga Doktor.

Bagi siswa/i yang berasal SMA (Sekolah Menengah Atas) yang sudah mendapatkan sertifikasi A Level atau sudah mendapatkan surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional dapat mengikuti SIMAK UI tanpa harus mengikuti UAN (Ujian Akhir Nasional).Selain ijasah kelulusan sekolah melalui Ujian Nasional (UN), SIMAK UI juga menerima ijasah Paket C, sertifikat A Level, dan IB Diploma.

9. Cek Hasil Seleksi Ujian

Anda dapat melihat informasi mengenai hasil seleksi ujian (Simak UI) pada tanggal yang sudah di tentukan oleh pihak penyelenggara pendaftaran di UI.

Selain itu untuk informasi update, Anda dapat mengunjungi halaman resmi simak untuk mengecek papan pengumuman situs Universitas Indonesia.

Seperti itulah langkah-langkah cara daftar kuliah di Universitas Indonesia (UI) yang dapat Anda lakukan. Pastikan untuk memikirkan beberapa kali saat memilih program studi atau jurusan Anda berkuliah. Karena pada saat pendaftaran dan selesai melakukan pembayaran makan hal ini tidak dapat di ubah.

Kemudian untuk mengetahui proses tahap ujian seleksi terpadu untuk masuk Universitas Indonesia (UI), Anda dapat melihat daftar kegiatannya pada Agenda Simak UI.

Gabung dalam percakapan