Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
Cara Menanam dan Merawat Bunga Tapak Dara, 3 Langkah Mudah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Tapak Dara, 3 Langkah Mudah

Cukup lakukan 3 langkah mudah ini ! Cara menanam dan merawat tanaman bunga tapak dara yang dapat Anda lakukan di rumah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Tapak Dara - Bunga tapak dara sering digunakan sebagai tanaman hias, tumbuh langsung di tanah atau menjuntai dengan cara digantung.

cara-menanam-dan-merawat-bunga-tapak-dara

Apa Itu Bunga Tapak Dara ?

Bunga tapak dara adalah tanaman hias yang biasa ditanam pada sekitar pekarangan rumah. Bunga yang memiliki nama lain Madagascar Periwinkle ini termasuk dalam keluarga tumbuhan berbunga Apocynaceae. Tanaman Bunga Tapak Dara berasal dari Madagaskar yang merupakan tumbuhan spesies liar di hutan hujan.

Bunga ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, selain itu cara menanam bunga tapak dara sangat mudah sehingga banyak diminati masyarakat.

BACA JUGA

Selain memperindah halaman rumah, bunga cantik ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Akar, batang, daun dan biji bunga tapak dara mengandung alkaloid yang memiliki sifat antikanker.

Bunga Tapak Dara memiliki nama latin Catharanthus Roseus. Bunga tapak dara memiliki banyak nama di Indonesia, seperti nama di daerah Sunda yaitu Kembang Tembaga, nama di daerah Sulawesi yaitu Sindapor, dan istilah yang paling umum adalah Bunga Tapak Dara.

Karena mudah untuk di tanam, maka berikut cara menanam dan merawat bunga tapak dara.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Tapak Dara

1. Gunakan sekam kayu dan air secukupnya

Tanaman berbunga tapak baru menerima sekam kayu lembab dan air yang cukup. Mirip dengan budidaya jamur tiram. Jangan terlalu banyak terkena sinar matahari karena akan menyebabkan bunga ini layu dan mati. Akan lebih baik untuk menyiram setiap satu hari atau dua hari sekali.

2. Gunakan wadah yang tidak digunakan dan kawat kecil

Tanaman hias tapak dara dicabut beserta akarnya yang sehat. Selanjutnya, masukkan tanaman bunga tapak dara ke dalam wadah yang berisi air secukupnya. Sistem tanam bunga ini dengan cara digantung. Ini membutuhkan waktu 4-5 hari untuk mengganti air di penanam.

3. Tahap selanjutnya adalah penanaman hidroponik

Penanaman hidroponik adalah penanaman dengan kerikil, tanah dan pasir serta air yang cukup. Penanaman ini biasanya dilakukan ketika Anda tidak memiliki lahan atau lahan yang luas untuk ditanami.

Cara meletakkan bunga tapak dara jika menanamnya di dalam pot, sebaiknya digantung. karena bunga ini juga sangat cocok sebagai tanaman hias gantung.

Perawatan bunga tapak dara pada umumnya tidak membutuhkan banyak perawatan, cukup dengan melakukan penyiraman air yang cukup. Selain itu, bunga tapak dara dapat terkena sinar matahari langsung. Tidak lupa untuk diberikan pupuk secukupnya setiap seminggu sekali.

Supaya tanaman ini tumbuh dengan rimbun, Anda bisa memotong pertumbuhan cabang yang terlalu banyak. Fokuskan pada satu titik saja agar pertumbuhannya lebih maksimal.

Anda harus menghindarkan dari hujan lebat karena kelopak bunga ini relatif lemah. Pada pagi dan sore hari, tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari. Anda bisa meletakkannya di luar ruangan.

Cara menanam bunga tapak dara sebenarnya sangat singkat dan sederhana. Presentasi keberhasilannya cukup besar mengingat tanaman ini sangat mudah ditanam dan disesuaikan. Bagi Anda yang ingin mencobanya, pastikan untuk mengikuti petunjuk penanaman di atas dengan cermat agar berhasil menumbuhkannya.

Gabung dalam percakapan