Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Bulan Di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Bulan Di Rumah

Cara menanam dan merawat bungan anggrek bulan, berikut ini cara menanam dan merawat tanaman hias bunga anggrek bulan (pusa pesona).

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Bulan - Anggrek dikenal sebagai tanaman hias yang cukup sulit dalam hal proses menanam dan merawatnya.

Namun dengan bertumbuhnya komunitas budidaya dan perkembangan penelitian, cara menanam anggrek jadi dapat dilakukan dengan lebih mudah di era saat ini. Berbagai literatur juga sudah terdokumentasikan dengan lebih baik berkat adanya internet dan perkembangan teknologi digital.

cara-menanam-dan-merawat-bunga-anggrek-bulan

Begitu juga dengan salah satu varian tanaman anggrek yang dikenal populer di kalangan pecinta tanaman hias, yakni anggrek bulan. Jenis anggrek ini memiliki warna bunga yang sangat cerah dan menarik perhatian.

Apa Itu Bunga Anggrek Bulan ?

Anggrek Bulan adalah salah satu tanaman hias bunga asli dari Indonesia yang pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Memiliki sebutan lain yaitu puspa pesona dengan nama ilmiah Phalaenopsis amabilis yang merupakan spesies tanaman P. amabilis (Orchidaceae).

Tanaman hias bunga aggrek bulan memiliki ciri-ciri yaitu kelopak bunga yang seperti sayap kupu-kupu, memiliki tekstur warna putih di bagian tengah kelopak, dan memiliki mahkota mahkota berwana kuning di tengah-tengahnya.

BACA JUGA

Cara menanam anggrek bulan tergolong mudah dibandingkan dengan jenis lainnya. Dalam prosesnya pun pecinta tanaman hias tidak perlu menyiapkan banyak bahan. Bahkan setelah tumbuh, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Cara Menanam Anggrek Bulan

1. Siapkan Media Tanam

Media tanam anggrek bulan menggunakan akar pakis, arang, kulit pinus, dan sedikit akar kadaka. Perlengkapan media tanam ini bisa kamu dapatkan di toko perlengkapan berkebun.

Setelah memiliki semua perlengkapan media tanam, masukkan media tanam sampai setengah dari isi pot. Jika anggrek masih berusia kurang dari 3 bulan, tanam di dalam pot sedang. Sementara pada usia yang lebih dewasa, kamu bisa menggunakan ukuran pot yang lebih besar.

Hindari menggunakan bahan yang akan menyebabkan akar atau pot menjadi lembab. Jika media terlalu lembab, anggrek bulan akan cepat mati.

2. Bersihkan Akar Anggrek Bulan

Bersihkan anggrek bulan dengan membuang bagian akar yang busuk. Potong hanya pada bagian yang busuk. Akar yang sudah busuk memberi pengaruh tidak baik pada perkembangan akar baru anggrek bulan.

3. Rendam Akar Dalam Larutan Fungisida

Proses menanam anggrek bulan melibatkan larutan fungisida. Seperti bahan lainnya, kamu bisa mendapatkan larutan ini di toko perlengkapan tanaman hias, baik secara online ataupun offline.

Proses merendam akar dengan larutan fungisida bertujuan agar tanaman tidak mudah ditumbuhi jamur dan terpapar bakteri. Jamur dan bakteri berpengaruh buruk pada daya tahan anggrek bulan.

Jika tanaman anggrek bulan terlihat masih sehat dan segar, cukup rendam bagian akar saja pada larutan fungisida. Namun jika sedikit layu dan rusak, rendam secara keseluruhan untuk membunuh bakteri dan jamur.

4. Tempelkan Akar Kadaka

Setelah merendam akar pada larutan fungisida, angin-anginkan tanaman anggrek bulan agar kembali kering. Kemudian tempelkan sedikit akar kadaka mengelilingi bagian akar anggrek. Proses ini bertujuan untuk mengikat air dan menjaga kelembaban. 

Tanaman anggrek bulan yang telah melalui proses ini dapat ditanam ke dalam pot yang sudah berisi setengah media tanam. Tutup kembali dengan sisa media tanam, namun jangan sampai terlalu penuh dan padat. Agar akar mendapat ruang dan dapat tumbuh dengan baik.

Selanjutnya setelah Anda tahu cara menanam bunga anggrek bulan atau puspa pesona, simak juga bagaimana melakukan perawatannya.

Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan

1. Letakkan di Tempat Teduh

Usahakan untuk tidak menempatkan anggrek bulan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Letakkan dalam tempat yang teduh dan sedikit terkena matahari. 

Perhatikan warna ada daun bunga anggrek bulan untuk menentukan kecukupan sinar matahari. Daun cerah menandakan sinar yang didapat sudah cukup baik. Sementara warna daun sedikit gelap mengindikasikan kurangnya cahaya matahari.

Pada kasus tanaman anggrek bulan yang terkena sinar matahari yang berlebihan, warna daun akan menjadi coklat gelap. Kamu bisa menggantung tanaman anggrek bulan di bawah pohon. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan tanaman ini di berbagai lokasi di sekitar rumah.

2. Jaga Kelembaban Anggrek Bulan

Dalam proses perawatannya, kamu perlu menjaga kelembaban tanaman anggrek bulan dengan rutin menyiram bunga tersebut. Siram secara langsung pada akarnya 2-3 kali sehari.

Jangan memberikan air berlebihan saat menyiram tanaman anggrek bulan. Akar tanaman anggrek bulan mudah busuk jika menerima terlalu banyak air. Sebaliknya, siram dengan cukup pada kondisi panas yang tinggi.

3. Hindari Serangan Hama

Hama tanaman menjadi salah satu perusak tanaman termasuk bunga anggrek bulan ini yang memiliki tekstur sedikit lunak. Ada berbagai jenis hama yang dapat menganggu tanaman seperti lalat dan jamur.

Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan lem lalat yang dapat di letakan pada bagian atas tanaman menggunakan sedotan ataupun tangkai dengan cara digantung.

Seperti itulah cara menanam dan merawat bunga anggrek bulan (puspa pesona) Anda dapat melakukannya dengan mudah. Untuk perawatannya juga tidak terlalu sulit cukup hindari sinar matahari langsung dan jaga tingkat kelembabannya.

Gabung dalam percakapan