Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
Percantik Pekarangan Rumah Dengan Bunga Dahlia, Berikut Ini Cara Menanam dan Merawatnya

Percantik Pekarangan Rumah Dengan Bunga Dahlia, Berikut Ini Cara Menanam dan Merawatnya

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Buang Dahlia, berikut ini cara menanam dan merawat bunga dahlian di rumah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Dahlia - Punya tanaman yang cantik di rumah akan menjadi hal yang menyenangkan. Bunga dahlia bisa menjadi salah satu yang bisa kalian tanam sendiri di rumah. Warna-warni bunga dahlia yang memanjakan mata akan cocok di tanam pada perkarangan rumah.

cara-menanam-dan-merawat-bunga-dahlia

Apa Itu Bunga Dahlia ?

Bunga Dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang bersifat tahunan dan mekar dari musim panas hingga musim gugur. Bunga dahlia juga merupakan bunga nasional Meksiko yang juga merupakan negara asal bunga ini. 

Selain mempercantik suasana, bunga dahlia juga memiliki beberapa manfaat lho. Ubi Dahlia mengandung hampir 70% pati dalam bentuk inulin. Inulin murni yang diekstrak dari umbi dahlia digunakan dalam bidang medis. 

Ketika inulin difermentasi oleh enzim atau jamur tertentu di dalam tanah, itu diubah menjadi fruktosa, gula yang banyak digunakan dalam penyimpanan makanan atau pembuatan sirup. Oleh karena itu, pemanfaatan inulin dari bunga dahlia melalui biokonversi menjadi gula fruktosa.

BACA JUGA

Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara menanam dan merawat bunga dahlia di rumah. Yuk, simak pembahasannya di bawah!

Cara Menanam Bunga Dahlia

Dalam menanam bunga dahlia, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan melalui benih, dengan stek, dan melalui umbi.

1. Menanam bunga dahlia dari benih

Cara ini dilakukan pada dahlia mini untuk menciptakan warna bunga yang baru dan lebih variatif. Benih berasal dari tanaman dahlia berumur 5 bulan yang sehat. Benih ditaburkan langsung ke media tanam yang sudah disiapkan.

Media tanam dibuat di atas tanah dengan lebar 1 m dan panjang tergantung ukuran tanah dengan arah utara-selatan. Tanahnya terdiri dari campuran humus, kotoran sapi dan tanah subur dengan perbandingan 1:1:1.

Tinggi media 5 cm. Bibit disebarkan secara merata di tanah dan ditutup dengan lapisan tanah yang tipis. Pada musim kemarau, media tanam ditutup dengan daun pisang yang sudah dicuci bersih atau karung goni bersih untuk menjaga kelembapan media tanam terjaga. 

Media tanam harus dinaungi jika pembibitan dilakukan pada musim hujan. Naungan terbuat dari plastik transparan dengan tinggi 80 cm di sisi timur dan 60 cm di sisi barat. Setelah biji berkecambah dan berdaun dua, tutup (daun pisang/kantong goni) dibuka.

Bibit disimpan di persemaian sampai 2 helai memiliki daun sempurna, pada tahap ini akar tanaman belum menyentuh dasar substrat dan ditransplantasikan ke dalam kantong transparan berukuran 18×15 cm berisi campuran sekam dan kotoran sapi (6 : 1).

Setelah tanaman berdaun 6 helai, pindahkan tanaman dan dilakukan dalam kantong polybag transparan berukuran 30 x 20 cm yang berisi media yang sama. Tanaman disimpan dalam kantong plastik ini selama 1,5 sampai 2 bulan sampai berbunga.

2. Menanam bunga dahlia dari umbi

Metode ini dilakukan pada dahlia kaktus dan semi kaktus. Umbi diambil dari tanaman yang berumur 7 bulan. Untuk memperoleh umbinya, batang tanaman yang telah selesai berbunga pertama kali dipotong 10 cm di bawah permukaan tanah, digali dan umbi dicabut beserta batang utamanya.

3. Menanam bunga dahlia dari stek

Cara ini dilakukan pada dahlia mini untuk mendapatkan bunga dengan warna dan bentuk yang sama dan untuk dahlia besar yang tidak bisa berbiji. Bahan stek diambil dari tunas ketiak yang ukurannya 710 cm.

Untuk menghindari penyakit, pakai pisau stek/pisau tajam yang bersih untuk memotong tunas. Pembibitan dilakukan di polybag transparan 30×20 cm yang berisi campuran sekam padi dan pupuk kandang (perbandingan 6:1) dan dipelihara sampai siap jual tanpa dipindahtanamkan selama 3 hari.

Di atas merupakan cara menanam bunga dahlia yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Lalu bagaimana cara merawatnya? yuk simak penjelasan selanjutnya!

Cara Merawat Bunga Dahlia

perawatan-lengkap-tanaman-hias-bunga-dahlia

Bila sudah mengerti cara menanam bunga dahlia sendiri di rumah, kamu juga harus mengerti cara merawat bunga dahlia agar tetap cantik menghiasi perkarangan rumah kamu.

  • Tanaman di persemaian: Selama pembibitan, tanaman disiram sekali sehari dan tidak dibuahi karena cukup makanan yang diperoleh dari media tanam. Penyiangan harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak benih yang masih mudah rusak.
  • Tanaman dalam kantong polybag: Tanaman disiram setiap 1-2 hari sekali setiap pagi dan sore, kecuali saat hujan. Gulma jarang tumbuh, bila disiangi dengan cara dicabut atau diambil dengan cangkul kecil. Untuk mencegah hama/penyakit, tanaman disemprot dengan pestisida Anthracol/Basudin setiap 2 minggu sekali pada akhir musim kemarau dan penghujan. Pupuk daun gandasil dan 1 gram NPK diberikan seminggu sekali.
  • Penjarangan dan Penyulaman dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan yang seragam bisa dilakukan sampai tanaman berusia 3 pekan. Pada umumnya bibit tidak tumbuh sempurna bila pengairan telat dilakukan apalagi jika udara panas. Penjarangan bunga perlu dilakukan apalagi jika jumlah bunga dalam satu  angkai terlalu banyak agar diameter bunga mencapai maksimal. Pada dahlia kaktus (putih) cuma satu bunga yang dibiarkan hidup pada satu tangkai, sedangkan pada dahlia semi kaktus dapat 5-6 bunga.
  • Penyiangan dilakukan berdasarkan pertumbuhan gulma dan pada saat pemupukan dan penyemaian. Pertumbuhan gulma dapat dicegah dengan menyebarkan mulsa organik di antara tanaman. Saat tanaman mencapai tinggi 1 meter, tanaman ditutup dan ditopang dengan 2 batang bambu agar tidak tumbang.
  • Pemupukan dilakukan setiap 10 hari dengan urea, SP-36 dan KCl masing-masing 2 gram atau NPK sebanyak 5 gram. Pemberian pertama 10 hari seusai pindah tanam. Pupuk diberikan di dalam larikan sejauh 15 cm dari pangkal batang. Tutup pupuk dengan tanah.
  • Pengairan dan penyiraman: Tergantung pada pertumbuhan tanaman. Pada awal pertumbuhan, tanah di sekitar pangkal batang tidak boleh mengering sampai titik ekstrim tajuk. Pada titik ini, tanaman disiram 23 kali sehari, jika perlu, tergantung pada cuaca. Setelah itu, bisa disiram setiap 5 hari sekali. Penyiraman juga harus dilakukan setelah pemupukan.

Dengan mengikuti cara di atas, kamu dapat merawat bunga dahlia dengan baik supaya mendapatkan bunga yang cantik. Demikian cara menanam dan merawat bunga dahlia yang dapat Anda lakukan di rumah.

Bunga dahlia dikenal sebagai bunga yang memiliki pola rumit yang unik dan sangat tampil cantik apabila mekar dalam keadaan sempurna. Untuk itu bunga dahlia sangat cocok digunakan untuk menghias pekarangan atau taman Anda di rumah.

Gabung dalam percakapan