Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
Ingin Punya Bunga Hias yang Rimbun? Coba Tanam Bunga Kertas (Bougenville) yuk!

Ingin Punya Bunga Hias yang Rimbun? Coba Tanam Bunga Kertas (Bougenville) yuk!

Cara menanam dan merawat tanaman hias bougenviller ( bunga kertas ), berikut ini cara menanam dan merawat bunga kertas di rumah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kerta (Bougenville) - Tanaman bunga yang dapat di jadikan hiasan untuk pekarangan rumah biasanya bunga yang memiliki tampilan cantik dan menarik dari segi warna dan bentuknya. Salah satunya yaitu bunga kertas, bunga yang biasa bertengger di pagar ataupun di tembok-tembok rumah dan melayut hingga ketanah.

cara-menanam-dan-merawat-tanaman-hias-bunga-kertas-bougenville

Apa Itu Bunga Kertas (Bougenville) ?

Bunga kertas atau disebut juga bougenville merupakan tanaman hias yang populer, bunganya indah, dan menanam bunga kertas juga mudah dilakukan.

Bunga kertas dapat kita temui di seluruh wilayah Indonesia. Disebut dengan bunga kertas karena memiliki ciri yang sama dengan kertas tipis pada kelopak bunganya

Ciri dari bunga ini adalah bentuk batangnya yang bulat dan pohon yang bisa berdiri tegak, batangnya berduri. Sedangkan kelopak bunganya cukup besar dan menutupi sebagian bunga sebelum mengembang.

BACA JUGA

Untuk kalian yang ingin menanam bunga kertas di rumah, yuk simak beberapa penjelasan cara menanam dan merawat bunga kertas!

Cara Menanam Bunga Kertas

1. Menanam dengan Stek Batang

Bunga kertas merupakan salah satu bunga yang mudah ditanam baik melalui biji, umbi, dan cara lainnya.

Menggunakan teknik stek batang menjadi salah satu cara yang paling mudah. 

Caranya yaitu dengan memilih dan memotong batang bunga dewasa dengan cara menyerong dan runcing. Setelah itu, tancapkan batang yang baru di potong tersebut ke media tanam yang subur dan berkadar pH tinggi kedalaman sekitar 3-5cm.

Lakukan proses stek batang pada pagi atau malam hari supaya tanaman bunga kertas lebih mudah subur dan berbunga lebat.

2. Menanam Melalui Media Campuran

Menanam bunga kertas dengan cara media campuran merupakan teknik yang mudah juga. Media campuran mengandung pasir yang menjadikannya bersifat porous (berpori-pori) yang disukai oleh bunga kertas.

Pori-pori tersebut berfungsi untuk memudahkan udara masuk ke dalam media tanam dan lebih efekti menyerap air supaya menjaga kadar kelembapan.

Adapun jenis pasir yang terbukti efektif untuk dijadikan media  campuran yaitu pasir malang. Letakan pasir tersebut pada bagian bawah media tanam dengan ketentuan sepertiga dari tinggi pot.

3. Menanam dengan cara Sambung Pucuk

Cara menanam dengan cara sambung pucuk berguna untuk kalian yang ingin bunga kertasnya memilik warna yang beragam. Teknik ini menjadi populer karena penanam bunga kertas karena dapat menyatukan berbagai jenis untuk menciptakan warna banyak.

Namun, pada cara ini kalian perlu benar-benar karena teknik ini cukup sulit untuk di lakukan.

Di atas merupakan beberapa cara menanam bunga kertas yang dapat kalian lakukan. Untuk merawatnya bisa kamu simak di bawah ini yah!

Perawatan Bunga Kertas Bougenville

perawatan-tanaman-hias-bunga-kertas-bougenville

1. Penyiraman Bunga Kertas

Bunga kertas merupakan bunga yang memerlukan intensitas air yang cukup. Dengan menyiram bunga kertas ini secara cukup dan teratur untuk menjaga kelembapannya saja.

Pada masa kering yang berlangsung sekitar empat hari saat kuncup bunga mulai tumbuh tak perlu di berikan air.

2. Pemupukan Bunga Kertas

Pada tahap ini, lakukanlah pemupukan ulang secara teratur untuk menjaga tanaman ini tetap tumbuh subur. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk organik ataupun pupuk kompos dengan takaran secukupnya. 

Hindari penggunaan pupuk buatan karena dapat menyebabkan pertumbuhan bunga kertas kurang baik.

3. Pangkas Bunga Kertas

Pada umumnya, setiap tanaman harus dipangkas secara rutin, hal itu untuk terciptanya lingkungan mikro yang baik bagi pertumbuhan.

Bunga kertas dapat kalian pangkas secara teratur pada bagian ranting atau cabang yang sudah terlalu panjang dan memilik daun yang lebat.

Daun yang banyak dapat menghambat pertumbuhan bunga kertas karena nutrisinya akan diambil oleh daun-daun.

4. Menghindari Hama pada Bunga Kertas

Kamu dapat melakukan penyemprotan fungsida pada bunga kertas untuk menghindari hama yang dapat merusak tanaman kalian.

Selain itu, kamu juga dapat membuat ramuan rumahan yang terbuat dari cabai rawit ataupun kapur ajaib bila hama kutu putih menyerang.

Bunga kertas merupakan jenis bunga yang mungkin sering kalian lihat dibanyak tempat, oleh karena itu kamu dapat dengan mudah untuk melakukan penanaman bunga kertas sendiri di rumah.

Gabung dalam percakapan