Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
 Cara Menanam Bunga Krokot (Moss Rose) Secara Vertikal dan Cara Merawatnya

Cara Menanam Bunga Krokot (Moss Rose) Secara Vertikal dan Cara Merawatnya

Cara menanam dan merawat bunga krokot. berikut ini cara menanam bunga krokot secara verikal untuk menghemat ruang dan tampil lebih cantik.

Cara Menanam Bunga Krokot Secara Vertikal - Bunga krokot tergolong tanaman yang sangat unik dan cantik.cara-menanam-dan-merawat-bunga-krokot

Apa Itu Bunga Krokot ?

Bunga krokot adalah jenis tanaman yang berinang rendah dengan ukuran mencapai 15-20 cm. Bunga ini juga di sebut dengan Moss Rose yang biasanya tumbuh dengan ciri-ciri menyebar atau melebar di sekitar bunganya.

Bentuk klopak bunga krokot menyerupai sebagian dari mawar hanya saja dia lebih dengan tampilan yang datar. Tumbuh dengan warna-warna tunggal seperti putih, oren, kuning, merah, merah muda, ungu, dan juga ada yang berwarna campuran.

Tanaman bunga krokot biasanya tumbuh merambat di bawah tanah. Namun untuk kebutuhan menghemat ruang, Anda juga bisa menanamnya secara vertikal. 

Dengan model penanaman vertikal, bunga krokot dapat dibuat tampil lebih menarik. Bentuk bunga akan terlihat bergerombol dan berwarna-warni. Metode menanam bunga krokot secara vertikal juga dapat menghemat volume air yang digunakan.

Penanaman bunga krokot secara vertikal membutuhkan sejumlah perlengkapan seperti botol air mineral besar (ukuran 1 liter), solder, kawat, dan bibit bunga krokot.

BACA JUGA

Bibit bunga krokot bisa didapatkan dari pedagang tanaman hias. Umumnya bibit berbentuk tunas kecil yang ditancapkan ke tanah untuk proses menanamnya. Adapun prosedur penanamannya adalah sebagai berikut.

Cara Menanam Bunga Krokot Secara Vertikal

cara-menanam-bunga-krokot-secara-vertikal

1. Buat Pot Gantung

Lubangi Alas Botol

Anda bisa berkreasi membuat pot gantung menggunakan botol bekas yang sudah tidak terpakai. Caranya dengan melubangi bagian alas botol, sisakan sedikit bagian tepi untuk kawat pengait.

Lubangi Seluruh Bagian Botol

Berikan lubang kecil menggunakan benda panas seperti alat solder, kawat, ataupun alat lainnya pada sisi botol. Ulangi membuat lubang dengan jarak 1-2 cm mengelilingi seluruh badan botol.

Berikan Kawat Pengait

Posisikan botol secara terbalik sehingga bagian berlubang terletak di atas. Berikan beberapa kawat pengait pada area sekitar alas botol yang telah dilubangi.

Ikat kawat di bagian ujung lainnya dan pastikan botol dalam keadaan seimbang ketika digantung. Anda bisa memberikan hiasan pada badan botol sesuai keinginan.

2. Isi Botol Dengan Tanah

Isi pot botol yang telah diposisikan menggantung terbalik dengan tanah. Berikan campuran sekam dan pupuk kandang untuk menambah kesuburan media tanam.

Anda bisa mengatur komposisi media tanam dengan perbandingan 1:1:1 antara volume tanah, sekam, dan pupuk kandang sampai dengan botol penuh.

Pemilihan dan komposisi media tanam sangat penting bagi pertumbuhan bunga krokot. Bunga dapat tumbuh dengan lebih baik pada media dengan komposisi tanah, sekam, dan pupuk dibandingkan dengan media tanam yang hanya mengandung tanah.

3. Tancapkan Bibit Bunga Krokot

Tancapkan bibit bunga krokot pada lubang yang ada pada bagian sisi botol. Tempatkan bibit sesuai keinginan di bagian sisi botol yang telah disiapkan, kecuali bagian bawah yang digunakan sebagai aliran air. 

Anda juga bisa berkreasi dengan kombinasi berbagai jenis warna bunga krokot. Hasil akhirnya akan terlihat lebih menarik dan colourful. Namun Anda yang ingin memisahkan setiap warna juga bisa menghasilkan susunan yang lebih rapi.

4. Gantung Pot Di Dinding Vertikal

Setelah media tanam terisi pada pot dan penuh dengan bibit, gantung pot di dinding vertikal. Dinding dapat berupa tembok yang telah ada di bagian bangunan ataupun instalasi lain yang disiapkan khusus untuk tanaman.

Gantungkan pot bersusun ke bawah dengan jarak yang berdekatan. Tujuannya agar pengairan dari pot yang berposisi lebih tinggi dapat mengalir ke wadah yang ada di bawahnya.

5. Siram Tanaman

Setelah bibit bunga krokot terpasang di pot gantung, lakukan penyiraman dari bagian atas pot. Biarkan air mengalir ke bagian bawah dan membasahi seluruh bibit yang ditancapkan.

Air yang mengalir akan mencapai bagian bawah pot dan diteruskan ke media tanam yang posisinya lebih rendah. Pastikan untuk rutin menyiram media tanam agar tanah tidak kering. Namun jangan terlalu sering untuk menyiramnya. Waktu yang baik untuk menyiramnya adalah saat sore hari.

6. Simpan di Tempat Teduh

Letakkan pot botol bunga krokot di tempat sejuk beberapa hari. Saat akar bunga krokot mulai tumbuh, Anda bisa memindahkan pot botol di bawah sinar matahari langsung. Gantung di depan rumah ataupun tempat lain yang mudah mendapat akses sinar matahari.

Bunga krokot yang cantik akan membuat tampilan rumah atau kebun lebih menarik. Cukup dengan botol bekas dan beberapa bibit bunga, tidak perlu lagi membeli tanaman hias lain yang lebih mahal. 

Selanjutnya setelah Anda mengerti cara menanam bunga krokot, hal yang diperlukan selanjutnya adalah aturan cara merawat tanaman hias bunga krokot. Berikut ini simak cara merawatnya.

Cara Merawat Bunga Krokot

Supaya tanaman bunga krokot dapat terus tumbuh dengan tampilan yang cantik, maka Anda perlu melakukan beberapa perawatan bunganya. Antara lain sebagai berikut:

  1. Melalui Penyiangan. Cara merawat bunga krokot pertama yaitu dengan melalui penyiangan secara rutin. Proses penyiangan ini dilakukan beberapa bulan sekali. Karena tanaman yang satu ini sangat jarang di naungi oleh rumput liar atau gulma, tanaman ini terkenal jarang terkena penyakit atau hama tanaman hias.
  2. Pemberian Pupuk Susulan. Kedua yaitu dengan cara memberikan pupuk tambahan setelah tanaman berumur 2 - 3 bulan, Anda dapat menambahkan pupuk susulan pada tanaman krokot. Silahkan gali pada bagian pinggir pot, kemudian isi dengan tambahan pupuk organik pada ruas tersebut, lalu tutp lubang kembali dengan menggunakan tanah yang teksturnya serupa dan siram dengan air.
  3. Menjaga Tanaman Tetap Subur. Untuk memastikan tanaman tetap sehat dan segar, Anda perlu melakukan perawatan untuk bunga krokot yaitu mengantisipasi adanya serangan hama. Kemudian pemberian insektisida sangat dianjurkan bagi tanaman hias ini.

Penyakit yang dapat menyerang tanaman ini biasanya adalah bakteri atau jamur sejenis patogen. Jika tanaman layu padahal sudah di siram Anda dapat memberikan fungisida pada bunga krokot.

Perawatan bunga krokot dapat Anda lakukan dengan mudah karena tanaman ini hampir jarang memiliki musuh seperti penyakit tanaman hias ataupun hama. Selain itu untuk melakukan perawatan cukup lakukan seperti perawatan tanaman hias pada umumnya.

Seperti itulah cara menanam dan merawat bunga krokot, menanam bunga krokot dapat Anda lakukan dengan tampilan apapun salah satunya dengan metode vertikal untuk mengehemat ruang dan tampil lebih menarik.

Gabung dalam percakapan