18 Penyebab Wajah Selalu Terlihat Pucat, Mungkin Salah Satunya Anda Alami !

18 Penyebab Wajah Selalu Terlihat Pucat, Mungkin Salah Satunya Anda Alami !
18 Penyebab Wajah Pucat dan Cara Mengatasinya - Sering ditanya orang kenapa wajah pucat kaya zombie ? mungkin Anda sering mendengar hal ini dari teman-teman Anda yang sering bertemu di lingkungan Anda.
penyebab-kulit-wajah-pucat


Pucat ternyata bukan saja hanya karena hal-hal yang ringan seperti kurang tidur saja, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit dan wajah menjadi pucat mulai dari karena suatu kebiasaan dan faktor penyakit tertentu

Apa itu pucat ?

Pucat adalah saat keadaan bagian kulit terlihat sangat tidak normal (biasanya kusam dan tampak tidak segar). Keadaan pucat dapat terjadi pada seluruh tubuh namun akan lebih sering ditemukan pada bagian tertentu seperti wajah dan tangan bagian yang sering terekspos.

Kulit pucat umumnya disebabkan karena peredaran darah yang kurang lancar pada bagian tertentu kulit, biasanya terjadi saat Anda mengalami keadaan seperti lemah lesu, syok, atau pada saat rasanya seperti mau pingsan. Berkurangnya sel darah merah menjadi faktor utama kenapa wajah selalu pucat.

BACA JUGA

Kondisi umum yang mengakibatkan kulit pucat

Beberapa kondisi yang dapat memancing atau menimbulkan kulit pucat antaralain:
  • Tubuh panas dingin
  • pusing dan mual bahkan muntah
  • sesak napas
  • kondisi setelah demam
  • tubuh drop atau kelelahan
Kondisi umum yang menyebabkan kulit pucat memanglah tidak terlalu serius dan merupakan hal yang normal, akan tetapi tidak semua begitu. Terdapat beberapa faktor tertentu penyebab kulit menjadi pucat, simak beberapa penyebabnya kulit pucat

1. Kekurangan paparan sinar matahari

Penyebab kulit pucat yang pertama adalah kekurangan sinar matahari bagi kulit, hal ini bisa menjadi salah satu indikator yang menyebabkan kulit menjadi pucat. Kekurangan sinar matahari akan sering dijumpai pada seorang pekerja kantoran yang sering menghirup udara AC dan jarang terkena sinar matahari terlebih lagi sering lembur.

2. Paparan udara dingin

Mengetahui Kita yang sering terkena udara dingin terlebih lagi AC, tentunya dapat membuat kulit menjadi pucat biasanya akan sering terjadi pada bagian wajah, kuping, hingga tangan. Selain itu saat berkendara motor juga dapat menyebabkan pucat walau durasinya tidak terlalu lama, sebaiknya gunakan masker.

3. Syok dan Kelelahan

Keadaan syok dan kelelahan paling cepat mendatangkan wajah pucat, tidak di ragukan lagi. Mengetahui diri yang kurang rileks dan tidak siap untuk menerima sesuatu akan mengakibatkan wajah terlihat pucat.

4. Darah tidak lancar

Penyumbatan pada pembuluh darah akan menimbulkan aliran yang tidak stabil mengakibatkan titik tertentu pada kulit akan tidak serasi dengan kecerahan kulit yang lainnya. biasanya karena posisi tubuh yang kurang nyaman seperti duduk terlalu lama dan sering terkena udara dingin dapat menimbulkan pucat pada kulit.

5. Keadaan cemas

Yang menimbulkan pucat sering juga di jumpai pada saat kondisi tubuh atau hal yang pada saat Kita alami itu adalah suatu rasa takut atau kecemasan. Akibatnya tubuh Kita biasanya akan mengalami yang namanya panas dingin dan keringatan disertai wajah pucat.

6. Kadar darah pada kulit

Saat salah satu bagian kulit tidak teralirkan darah dengan lancar maka akan menyebabkan area kulit tersebut memiliki warna atau kecerahan yang berbeda dengan bagian kulit yang lainnya. Penyumbatan pada aliran darah akan mengakibatkan kepucatan.

7. Ketebalan kulit

Saat seseorang memiliki ketebalan kulit yang berbeda dengan orang lain otomatis mereka akan memiliki pola dan warna kulit yang cenderung berbeda dengan orang lain. Biasanya orang tersebut akan memliki kulit yang lebih pucat.

8. Kadar melanin pada kulit

Kekurangan kadar melanin pada tubuh terutama kulit akan memberikan efek yaitu pada kulit yang jadi terlihat tampak tidak segar, sebaiknya perhatikan kondisi seperti ini.

9. Anemia berat

Apa bila dalam kategori tertentu penyakit seperti anemia berat dapat menjadi penyebab pucat. Anemia berat sendiri adalah keadaan dimana manusia benar-benar kekurangan sel darah merah.

10. Pembekuan/frostbite

Gangguan kesehatan yang menimbulkan pucat juga terletak pada masalah saat bagian tertentu pada kulit mengalami radang pembekuan yang mengakibatkan darah tidak terinsulin dengan baik.

11. Infeksi pembuluh darah

Infeksi pembuluh darah adalah pada saat pembuluh darah terinfeksi bakteri atau jamur. Dalam keadaan ini kondisi tubuh akan mengalami demam, menggigil, lemas, dan penurunsan tekanan darah yang akan membuat wajah pucat.

12. Kurang asam folat

Wajah pastinya bakalan pucat kalau ternyata Kita memiliki pola makan yang tidak baik seperti kurang makan makanan bergizi dan cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak imbang contohnya jarang makan sayur dan konsumsi vitamin.

13. Malnutrisi

Masih pada kadar gizi pada tubuh, malnutrisi memiliki dua jenis yaitu kelebihan gizi dan kekurangan gizi yaitu ketidak seimbangan antara suplai nutrisi dan energi yang bermanfaat bagi tubuh. Dampaknya kinerja dan fungsi spesifik tubuh akan tidak menentu atau tidak bekerja semestinya dan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

14. Efek samping obat

Keadaan tertentu saat seseorang mengkonsumsi obat pastinya akan memiliki dampak. Efek dari obat akan menimbulkan keadaan tertentu tubuh seperti demam, lelah, dan ngantuk. Keadaan seperti ini akan diperlihatkan dengan wajah yang nampak pucat.

15. Keracunan bahan kimia

Keracunan bahan kimia dapat menimbulkan kondisi yang tidak wajar bagi tubuh, akan terlihat jelas pada bagian kulit yang nampak pucat disertai mual-mual dan pusing. Pada keadaan seperti ini lebih baik melakukan tindakan cepat dengan mendatangi dokter.

16. Albinisme

Albinisme atau albino yaitu seseorang yang tidak memiliki kadar melanin pada tubuh. Hal ini akan dapat diketahui dari keadaan tubuh yang berbeda dari orang pada umumnya yaitu warna kulit, rambut, dan kelopak mata yang nyaris semuanya hampir pucat.

17. Kekurangan vitamin B/B12

Vitamin B dan B12 dapat mengakibatkan seseorang mudah sakit. Vitamin B berperan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit, mata dan saraf. Sedangkan vitamin B12 berfungsi untuk pembentukan protein, sel darah, dan jaringan pada tubuh.

18. Sakit maag

Sakit maag adalah penyebab wajah pucat yang paling umum, kondisi ini biasanya disertai nyeri dibagian perut kemudian tidak nafsu makan dan lemas seperti akan drop. Semua faktor penentu itu akan mengakibatkan kulit menjadi pucat dan dapat dilhat melalui wajah orang yang menderita maag.

Menurut pendapat peninjauan ahli oleh Dr. Anandika Pawitri, SehatQ "Apabila pucat disertai dengan keadaan atau gejala seperti pingsan, sesak berat, nyeri dada, demam, muntah darah, perdarahan dari anus, dan sakit perut. Segera lakukan pengecekan lebih lanjut ke dokter"