Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek, 4 Langkah Mudah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek, 4 Langkah Mudah

Cara menanam dan merawat bunga anggrek, berikut ini cara menanam dan melakukan perawatan bunga anggrek.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek - Menanam bunga anggrek dapat Anda lakukan dengan mudah. Bunga anggrek memiliki bentuk yang menarik dan cukup indah untuk dijadikan tanaman hias dan dipajang di rumah.

cara-menanam-dan-merawat-bunga-anggrek

Apa Itu Bunga Anggrek ?

Bunga anggrek sendiri adalah jenis bunga yang memiliki anggota jenis terbanyak jika dibandingkan dengan jenis bunga lainnya. Memiliki 26 ribu spesies bunga Anggrek yang tersebar di daerah tropika basah hingga ke wilayah sirkumpolar.

Di Indonesia, bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik karena memiliki iklim yang cocok. Setidaknya ada sekitar 5 ribu jenis spesies yang tersebar di Indonesia. 

BACA JUGA

Bunga anggrek terkenal memiliki harga jual yang mahal sehingga membuat yang ingin memilikinya harus mengeluarkan uang banyak. Tak perlu membelinya, berikut cara menanam dan merawat bunga anggrek di rumah.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Saat ingin menanam bunga anggrek, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Berikut cara menanam bungga anggrek yang benar.

1. Menyiapkan Bibit Bunga Anggrek

Pertama, Anda perlu mempersiapkan bibit bunga anggrek terlebih dahulu. Terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan pada bunga anggrek, yaitu dengan pembibitan vegetatif dan generatif.

Bila Anda menggunakan cara vegetatif, Anda perlu menyiapkan pot sebagai media tanam bibitnya. Anda dapat mendapatkan bibit dengan cara memisahkan dari induknya yang sudah memiliki semacam tunas. Tunas tersebut nantinya yang akan dijadikan bibit dan mesti memiliki akar yang banyak serta kuat.

Berbeda dengan vegetatif, cara menanam dengan generatif yaitu dengan penyemaian biji bunga anggrek. Jika Anda telah mendapatkannya, Anda harus menyesuaikan kondisi lingkungan yang cocok dengan bunga anggrek seperti segi suhu dan kelembapannya. Bunga anggrek yang tidak sesuai dengan lingkungannya dapat membuat bunga tersebut tidak berkecambah dengan sehat.

2. Siapkan Media Tanam

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan media tanam yang terbaik supaya bunga anggrek dapat tumbuh dengan maksimal. Anda dapat menyiapkan pot dengan ukuran sedang.

Jika Anda telah menyiapkan pot, Anda dapat menyiapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, arang hitam, kulit kelapa kering, serabut kelapa, dan pecahan kecil batu bata merah.

Pertama yang perlu kamu lakukan yaitu, menaruh pecahan batu bata pada bagian paling bawah pot. Selanjutnya, letakan kulit kelapa secara merata dan letakan serabut kelapa pada tahap terakhir masukan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang pada bagian paling atas.

3. Menanam dan Memindahkan Bibit Bunga Anggrek

Jika bunga anggrek yang Anda tanam sudah mencapai umur 3 bulan yang sudah memiliki akar yang lebat dan juga kuat. Anda dapat memindahkan bunga anggrek untuk mendapatkan cahaya sinar matahari pagi.

Dengan memindahkan bungga anggrek untuk terkena sinar matahari dapat membuat bunga anggrek tidak mudah layu. Bunga anggrek dapat disimpan di rak supaya bungga anggrek tidak mudah terkena penyakit.

4. Cara Merawat Bunga Anggrek

Pada tahap ini, merawat bunga anggrek yang terpenting adalah proses penyiraman. Biasanya, bunga anggrek suka dengan kondisi yang lembab. Namun, Anda jangan menyiramkan air ke arah bunga secara langsung, Anda dapat menyiramkan melauli rongga yang dimiliki pot.

Untuk menghindari dari berbagai macam penyakit dan hama. Anda dapat menyemprotkan berbagai jenis cairan pestisida atau fungisida yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Cairan tersebut sangat berguna untuk menghindari bunga anggrek Anda dari jamur dan bakteri (hama).

Pemupukan juga perlu dilakukan. Pupuk dapat menjaga tanaman tetap sehat dan tumbuh secara optimal. 

Nah, begitu cara menanam dan merawat bunga anggrek yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Bunga anggrek dapat berbunga jika sudah 1 tahun sejak masa tanam.  

Gabung dalam percakapan