Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka Di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka Di Rumah

Cara budidaya bunga cempaka, berikut ini cara menanam dan merawat bunga cempaka yang dapat Anda lakukan di rumah.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka - Indah dan harum merupakan ciri utama tumbuhan bunga cempaka yang mungkin sudah sering kita dengar dan pernah kita lihat sebelumnya. Selain itu, nama bunga cempaka juga sering digunakan sebagai nama panggilan atau nama asli.

cara-menanam-dan-merawat-bunga-cempaka-semua-jenis-di-rumah

Apa Itu Bunga Cempaka ?

Bunga cempaka (Magnolia Champaca) merupakan salah satu tanaman bunga hias yang memiliki tampilan yang cantik dan rupawan, oleh karena itu bunga cempaka banyak peminatnya. 

Menanam dan merawat bunga cempaka juga tidak sulit dan tidak jauh berbeda dengan menanam atau merawat tanaman bunga lainnya.

Bunga cempaka juga sering digunakan sebagai bahan untuk mengobati atau mencegah penyakit. Ada beberapa kandungan yang bermanfaat dalam tanaman bunga cempaka, seperti minyak atsiri, yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat parfum. 

BACA JUGA

Di daerah Jawa sendiri, tanaman bunga cempaka juga sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam ritual tertentu. Namun, tentunya banyak juga yang ingin melihat keindahan bunga cempaka atau sebagai koleksi bunga hias.

Bagi Anda yang ingin memiliki tanaman bunga cempaka di rumah atau di kebun, berikut adalah tips dan juga cara menanam bunga cempaka dan cara merawat bunga cempaka agar tumbuh dengan baik dan sehat.

Cara Menanam Bunga Cempaka

Jika Anda tertarik untuk menanam bunga cempaka yang wangi, Anda perlu mengetahui informasi tentang syarat penanamannya. Pertama, pastikan Anda tinggal di daerah yang hangat.

Penanaman bunga cempaka bisa dilakukan di pot, polybag, atau di tanah sekitar rumah Anda. Pastikan menanam bunga cempaka di lokasi yang mendapat sinar matahari langsung agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana dan mudah untuk menanam bunga cempaka yang dapat Anda lakukan di rumah menggunakan pot atau area lahan rumah.

  1. Siapkan "bibit bunga cempaka" yang bisa diperoleh dari cangkok atau stek.
  2. Siapkan juga media tanam berupa campuran tanah, pasir dan kompos secukupnya.
  3. Jika Anda menggunakan media tanam seperti pot atau polybag, pastikan bagian bawah tidak memiliki lubang yang terlalu besar. Tempatkan media tanam dalam wadah dan biarkan beberapa jarak di bawah wadah.
  4. Siapkan lubang dengan kedalaman yang cukup untuk bibit. Selanjutnya, tempatkan bibit bunga cempaka pada wadah tersebut, lalu tutup kembali dengan tanah sambil dipadatkan perlahan. Tambahkan kayu penyangga untuk membantu cangkok berdiri tegak.
  5. Siram bibit tanaman bunga cempaka secara berkala setiap hari.

Cara Merawat Bunga Cempaka

Setelah melakukan penanaman, langkah berikutnya anda bisa melakukan perawatan dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Siram secara teratur selama musim kemarau. Jika bibit berumur 1 tahun setelah masa tanam, Anda hanya perlu melakukan penyiraman secukupnya.
  • Lakukan pemupukan terus menerus pada awal musim hujan sebelum musim kemarau. Saat melakukan pemupukan, Anda juga bisa membersihkan wadah supaya tanah tanam tetap bersih.
  • Setiap tahun Anda juga perlu melakukan pemangkasan, dan jika ditemukan hama tanaman, Anda dapat menyemprotkan pestisida bersama dengan tanaman obat.
  • Setelah pohon bunga cempaka melewati sekitar satu tahun setelah tanam, bunga siap untuk dipanen. Pemanenan dapat dilakukan pada sore hari untuk menjaga kesegaran bunga cempaka agar tidak mudah layu.

Nah, Sudah mengertikan bagaimana cara menanam dan merawat bunga cempaka? Bunga cempaka menjadi favorit karena kecantikan dan wangi yang ditimbulkan. Yuk, mulai menanam bunga cempaka di rumah.

Gabung dalam percakapan