Cara Daftar Ajaib Sekuritas, Dapatkan Bonus Saham Setelah Daftar ! Daftar Sekarang
 Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Untuk Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Untuk Pemula

Menanam dan merawat bunga melati, berikut ini cara menanam dan merawat bunga melati untuk pemula.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Agar Awet - Bunga melati merupakan tanaman hias berbatang tegak dengan lebih dari 200 jenis. 

cara-menanam-dan-merawat-bunga-melati

Apa Itu Bunga Melati ?

Bunga Melati (Jasmine) adalah salah satu tanaman bunga hias yaitu perdu berbatang tegak dan hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dan masih tergolong keluarga zaitun.

Memiliki aroma yang wangi dan semerbak menjadi salah satu ciri dari bunga melati. Karena kewangiannya bunga melati kerap dijadikan campuran dalam parfum, sabun, hingga kosmetik. Selain itu bunga melati ini secara filosofis melambangkan kesucian dan kemurnian.

BACA JUGA

Bunga melati bisa Anda temukan banyak di pekarangan rumah maupun perkebunan warga di Indonesia. Perawatan yang mudah menjadikan bunga melati sebagai salah satu tanaman hias di gemari.

Meski mudah perawatannya, namun mesti ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin mengetahui trik cara menanam bunga melati hingga merawatnya. Berikut tahapan mesti Anda ikuti.

Cara Menanam Bunga Melati

1. Siapkan Bibit Bunga Melati

Menanam bunga melati dapat Anda lakukan dengan cara stek. Anda dapat memilih batang bunga melati berdiameter sedang, lalu potong batang sepanjang 12 cm.

Tentunya Anda perlu persiapkan pot atau polybag yang sudah terisi denga media tanam untuk menarut batang bunga melati. Media tanam sendiri berisikan campuran tanah dan pasir bersih. 

2. Persiapan Media Tanam

Selanjutnya, adalah melakukan pemindahan tanam. 

Bibit bunga melati yang sudah disiapkan sebelumnya dapat dimasukan ke pot berukuran sedang. Kemudian, masukan media tanam campuran pasir, tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1.

Disarankan untuk mempersiapkan media tanam dikerjakan saat musim kemarau.

3. Proses Penanaman

Bunga melati akan muncul setelah 2 bulan dari masa tanam. Jika sudah berbungan dari bibit stek, Anda dapat memindahkan bunga melati ke media yang lebih besar.

Saat pemindahan ke media yang lebih besar, pastikan pot yang disiapkan sudah diberi lubang.

Media tanam yang terdapat di pot yaitu 1/3 dari pot. Selanjutnya, taruh bibit ke pot tersebut dan tidak lupa diberikan air secukupnya.

4. Perawatan Bunga Melati

Dalam melakukan perawatan, bunga melati mesti mendapatkan siraman air secara rutin sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari.

Tempatkan di bawah sinar matahari langsung dengan waktu minimal 4 jam. Untuk menghindari berbagai penyakit, bunga melati mendapatkan suhu, penyiraman, pemangkasan, dan pemupukan yang tepat.

Bunga melati dapat menahan suhu ruangan di antara 60 hinga 75 derajat fahrenheit selama masa pertumbuuhan. 

Seperti dengan tanaman lainnya, bunga melati mesti dilakukan pemangkasan dengan rutin supaya memiliki jalur dan tidak tumbuh tanaman liar.

Untuk menghindari hama, Anda dapat melakukan penyemprotan dan menggunakan soda kue. 

Mudah bukan untuk mengetahui cara menanam dan merawat bunga melati? Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda untuk menanam bunga melati!

Gabung dalam percakapan